9 Kuliner Khas Labuan Bajo yang Menggugah Selera

Sailing Komodo

Berbicara soal Labuan Bajo, pikiran kita mungkin langsung terpaut pada keindahan alam dan keunikan pulau Komodo. Namun, siapa sangka bahwa Labuan Bajo juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah mempesona. Sensasi petualangan di Labuan Bajo akan semakin lengkap dengan mencoba berbagai kuliner khas yang menjadi bagian dari identitas daerah ini. Dengan cita rasa yang khas dan bahan baku yang segar, berikut adalah sembilan kuliner Labuan Bajo yang pastinya menggugah selera Anda.

Labuan Bajo memang dikenal sebagai surganya penggemar seafood, namun ragam kuliner di kota ini tidak hanya itu. Ada beragam kuliner khas yang patut dicoba saat Anda mengunjungi Labuan Bajo. Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman segar, semua ada di Labuan Bajo. Dibumbui dengan rempah-rempah alami dan diproses dengan cara tradisional, makanan ini menjadi hidangan yang dapat memanjakan lidah Anda.

Ragam Kuliner Khas Labuan Bajo

1. Roti Kompiang

Sebagai pembuka, coba Roti Kompiang, roti khas Labuan Bajo yang memiliki rasa dan tekstur yang memikat. Bentuknya serupa dengan roti burger namun ada taburan biji wijen di atasnya yang menambah citarasa gurih.

2. Kolo

Selanjutnya, yang tak boleh Anda lewatkan adalah Kolo, nasi bakar khas Labuan Bajo. Nasi ini dibumbui dan dibakar dalam bilah bambu, sehingga menciptakan aroma dan rasa yang khas dan menggiurkan.

3. Jagung Bose

Jangan lupa mencicipi Jagung Bose, makanan tradisional yang terbuat dari jagung putih yang ditumbuk kasar dan dimasak dengan kacang merah. Sajian ini hadir dengan kuah bersantan yang semakin menambah cita rasanya.

4. Catemak

Ada juga Catemak, makanan khas yang terbuat dari campuran jagung, kacang hijau, dan labu siam. Sajian ini memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan.

5. Sup Ikan Kuah Asam

Untuk pilihan berkuah, ada Sup Ikan Kuah Asam yang segar. Kuahnya yang asam segar adalah representasi dari kekayaan laut Labuan Bajo.

6. Rebok

Rebok, makanan khas yang terbuat dari campuran kelapa, layak Anda coba untuk merasakan sensasi rasa gurih dan unik.

7. Bepalaya

Jika Anda mencari camilan, Bepalaya bisa menjadi pilihan. Camilan ini terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, ketan, dan wijen. Sangat cocok dinikmati bersama cangkir kopi hangat.

8. Jintan

Kue tradisional yang bisa ditemukan di pasar tradisional Labuan Bajo, Jintan, juga worth untuk dicoba dan dijadikan oleh-oleh.

9. Ikan Kuah Asam Philemon

Terakhir, jangan luput untuk mencoba Ikan Kuah Asam Philemon. Salah satu tempat wisata kuliner di Labuan Bajo ini menawarkan ikan kuah asam yang lezat dan menjadi favorit wisatawan.

Pengalaman Makan di Atas Kapal

Selain mencoba kuliner-kuliner khas tersebut, pengalaman menikmati hidangan segar yang dimasak langsung di atas kapal juga tak kalah menarik. Sebut saja seperti pisang goreng keju yang akan menjadi cemilan manis di tengah petualangan Anda di Labuan Bajo. Tulisan ini hanyalah sekelumit dari beragam pengalaman kuliner di Labuan Bajo, datanglah dan rasakan sendiri kelezatan kuliner khas Labuan Bajo!

Booking Perjalananmu Sekarang! Klik Link dibawah ini
https://ranijourney.com/product/sailing-komodo-1d/

BACA JUGA:

Wisata Menakjubkan di Komodo: Pengalaman Seru Bertemu Komodo
5 Keunikan Suku Bajo, Salah Satunya Dapat Memproduksi Oksigen Lebih Banyak Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS - Rani Journey
Kirim WhatsApp