Terungkap! 6 Destinasi Wisata Eksotis Dieng Plateau yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu!

Wisata Dieng Plateau yang juga dikenal sebagai Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah wilayah dataran tinggi yang terletak di wilayah tengah dan selatan Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini sering disebut sebagai Dieng Plateau oleh masyarakat umum.

Secara geografis, Dieng Plateau berlokasi di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng memiliki ketinggian mencapai sekitar 2.093 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luasnya terbagi antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, dengan total mencapai sekitar 620.000 hektar.

Pesona alam yang luar biasa dan keberagaman budaya yang tercermin di Dieng Plateau memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan. Warisan sejarah yang masih abadi dari masa lalu juga membawa daya tarik tersendiri bagi para sejarahwan dan pecinta kebudayaan. Fenomena alam seperti danau berwarna-warni, gunung berapi, dan berbagai aktivitas geologi lainnya memberikan pengalaman luar biasa.

Dieng Plateau juga memiliki keunikan budayanya, termasuk upacara adat dan tradisi lokal yang masih dijaga dengan baik. Inilah kesempatan bagi para pengunjung untuk lebih memahami dan menghargai kehidupan masyarakat lokal.

Dengan segala keindahan dan pesona yang dimilikinya, tak heran jika Dieng Plateau telah menjadi destinasi wisata yang diminati secara internasional.

6 Destinasi Destinasi Wajib di Dieng Plateau

1. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin adalah sepasang batu besar yang terletak di atas bukit sekitar Dieng Plateau Theatre. Lokasi ini strategis untuk menikmati keindahan Telaga Warna Pengilon dengan latar belakang hamparan lukisan alam yang sempurna.

2. Sikunir – Golden Sunrise

Wisata Golden Sunrise Sikunir berada di ketinggian 2.306 mdpl. Desa Sembungan, yang berada di atas bukit, menjadi pusat wisata ini. Udara dingin dan pemandangan pegunungan yang spektakuler menciptakan pengalaman tak terlupakan. Pemandangan kuning keemasan mendominasi Bukit Sikunir Dieng, menciptakan panorama yang memukau.

3. Telaga Warna

Telaga Warna, objek wisata utama di Dataran Tinggi Dieng, menawarkan fenomena alam unik dengan air telaga yang sering berubah warna, dari hijau dan kuning hingga warna-warni seperti pelangi. Fenomena ini disebabkan oleh kandungan sulfur tinggi dalam air telaga. Terletak pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona alam sekitarnya.

4. Gardu Pandang Tieng

Salah satu pengalaman menarik bagi wisatawan asing adalah Gardu Pandang Tieng (GPT). Terletak pada ketinggian 1789 Mdpl di atas Desa Tieng, tempat ini adalah lokasi ideal untuk menyaksikan matahari terbit. Ini juga menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati keindahan sunrise tanpa harus mendaki bukit Sikunir.

5. Kawah Sileri

Kawah Sileri, yang terletak di Desa Kepakisan, merupakan destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin mengamati fenomena alam Dieng dari dekat. Meskipun sempat meletus beberapa kali di masa lalu, kawasan ini kini aman untuk dikunjungi. Kawah seluas sekitar 4 ha ini dapat diakses dengan perjalanan sekitar 15 menit dari pusat Dieng. Saat menuju lokasi, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan menarik, termasuk asap dari pengeboran untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan tugu pengingat tentang kejadian bencana masa lalu di kawasan Dieng.

6. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater adalah ruang teater yang dapat menampung sekitar 100 orang. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan film informatif tentang Dataran Tinggi Dieng, mencakup sejarah, kondisi geografis, budaya, dan hal-hal lain yang memukau.

Jelajahi keajaiban Dieng Plateau dan nikmati pengalaman wisata yang luar biasa di setiap sudutnya. Kesegaran alam dan keanekaragaman budaya yang ditawarkannya akan membawa Anda dalam perjalanan tak terlupakan.

CS - Rani Journey
Kirim WhatsApp