Candi Arjuna: Pesona Tersembunyi di Dieng Plateau yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Keindahan di Balik Destinasi Wisata Ini!

Dataran Tinggi Dieng, Indonesia, memiliki kawasan candi yang luas. Diperkirakan ada sekitar 90 hektare candi di kawasan ini, namun hanya sebagian kecil yang telah direstorasi. Pada semua candi di Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna menjadi area candi terluas.

Dataran Tinggi Dieng dan Candi Arjuna

Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Kompleks Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare. Di kompleks ini, terdapat lima bangunan candi, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Selain Candi Semar, keempat candi lainnya adalah candi utama yang digunakan sebagai tempat ibadah.

Dilihat dari bentuk dan ornamen pada setiap candi, keempat candi tersebut diduga dibangun pada periode yang berbeda. Candi Arjuna adalah yang paling awal, sementara Candi Sembadra adalah yang paling baru.

Perkiraan ini didasarkan pada perbedaan gaya bangunan candi. Candi Arjuna masih sangat dipengaruhi oleh gaya candi-candi dari India, sedangkan Candi Sembadra sudah menunjukkan pengaruh budaya lokal yang kuat, terlihat dari desain relung pada candinya.

Kompleks candi ini pertama kali ditemukan pada abad ke-18 oleh Theodorf Van Elf, seorang tentara Belanda. Pada saat penemuan pertama, kondisi candi sedang tergenang air. Upaya penyelamatan pertama kali dilakukan oleh H. C. Corneulius, seorang warga Inggris, sekitar 40 tahun setelah penemuan candi. Usaha ini kemudian dilanjutkan oleh J. Van Kirnbergens, seorang warga Belanda.

Secara garis besar, keempat candi utama di kompleks ini memiliki ornamen yang sama, seperti penil, kala, makara, jalatmara, istadewata, dan antefik. Di setiap candi juga terdapat diksa, jalur bagi umat untuk mengelilingi candi sebelum masuk ke area candi utama.

Candi Arjuna, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, adalah candi yang didedikasikan untuk menyembah Dewa Syiwa. Sedangkan Candi Srikandi dibangun untuk menyembah Trimurti (tiga dewa), yaitu Syiwa, Brahma, dan Wisnu.

Candi Tertua

Merupakan salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Candi Arjuna diperkirakan sebagai candi tertua, dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Di kompleks ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut. Sementara itu, Candi Semar adalah candi perwara atau pelengkap dari Candi Arjuna. Kedua bangunan candi ini saling berhadapan. Kompleks Candi Arjuna, adalah kompleks candi terbesar di Dieng.

Sesuai dengan umumnya candi-candi di Dieng, masyarakat memberikan nama candi dengan tokoh pewayangan Mahabarata. Candi Arjuna memiliki sejarah panjang sebagai situs purbakala tertua di Tanah Jawa, dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Dieng. Selain itu, tempat ini juga menjadi lokasi Dieng Culture Festival, perayaan budaya tahunan yang sangat diantisipasi.

Candi utama di kompleks ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Akses Informasi Lebih Lanjut: Jelajahi Pesona Candi Arjuna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS - Rani Journey
Kirim WhatsApp