Berwisata ke Manggar Belitung Timur, Menikmati Sejarah Laskar Pelangi

Menikmati sejarah Laskar Pelangi di Manggar, Belitung Timur. Pulau Belitung yang terletak di kepulauan Bangka Belitung. Adalah salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia. Pulau ini mulai dikenal luas sejak novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang diangkat menjadi film laris pada tahun 2008. Kawasan wisata utama di Pulau Belitung umumnya berada di bagian barat dan tengah pulau. Namun beberapa tahun belakangan, wisata di bagian timur pulau tepatnya di Kecamatan Manggar ini mulai berkembang pesat.

Manggar adalah ibu kota Kabupaten Belitung Timur yang terletak di ujung timur Pulau Belitung. Manggar sendiri sejatinya adalah sebuah desa nelayan kecil yang tenang. Namun kawasan ini kini mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati pesona alam serta budayanya.

Beberapa spot wisata menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Manggar antara lain Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini dibangun untuk mengenang proses kreatif penulisan novel Laskar Pelangi. Di museum ini, pengunjung bisa melihat naskah asli novel, foto-foto, serta koleksi pribadi Andrea Hirata sewaktu mengajar di SD Muhammadiyah Manggar yang menginspirasi novelnya.

Selain itu ada pula Kampung Ahok, sebuah kampung kecil di Kelurahan Manggar yang merupakan kampung halaman Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Di kampung ini wisatawan bisa melihat patung dan poster bergambar Ahok. Suasana kampung yang indah dan ramah warga juga menjadi daya tarik tersendiri.

Destinasi ikonik lainnya adalah Rumah Keong atau rumah berbentuk keong raksasa di Kelurahan Manggar. Rumah unik bercat warna-warni ini dulunya adalah rumah tinggal Pak Musa yang kini dijadikan museum dan kafe oleh anaknya. Di sekitar Rumah Keong banyak spot swafoto yang Instagramable.

Tidak ketinggalan ada pula replika bangunan SD Muhammadiyah Manggar atau SD Laskar Pelangi yang terletak tak jauh dari pelabuhan feri Manggar. Wisatawan bisa berfoto di depan kelas-kelas replika untuk mengenang suasana sekolah di novel Laskar Pelangi.

Bagi yang hobi berburu kuliner, Manggar adalah surganya. Terdapat banyak rumah makan dan kafe menarik di sepanjang Jalan Pelabuhan Manggar. Menu seafood segar dengan harga terjangkau menjadi favorit para wisatawan. Warung kopi tradisional yang unik dan nyaman juga tak kalah banyak jumlahnya.

Untuk menikmati pesona alam Manggar, wisatawan bisa mengunjungi Bendungan Pice dan Pantai Burung Mandi. Bendungan yang dibangun pada masa Hindia Belanda ini menyajikan panorama pegunungan yang indah. Sementara di Pantai Burung Mandi yang letaknya tak jauh dari pelabuhan, wisatawan bisa menyaksikan ratusan burung bertengger dan bermandi di bibir pantai.

Soal akomodasi, kini penginapan mulai dari losmen hingga hotel bintang tiga tersedia banyak di Manggar. Demikian pula transportasi seperti taksi, bus pariwisata, dan ojek juga tersedia untuk mengantar wisatawan berkeliling Manggar. Pemerintah terus berupaya mengembangkan infrastruktur termasuk akses jalan, listrik dan telekomunikasi untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di Manggar dan sekitarnya.

Dengan lokasinya yang berada di ujung timur Pulau Belitung, Manggar menawarkan wisata alam pantai dengan pemandangan laut lepas tak berujung. Suasana asri desa nelayan, keramahan penduduk, dan atraksi wisata uniknya membuat Manggar layak menjadi destinasi wisata favorit di Pulau Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS - Rani Journey
Kirim WhatsApp