Menjelajahi Museum Kata Andrea Hirata di Belitung

Menjelajahi Musuem Kata Andrea Hirata. Pulau Belitung yang terletak di lepas pantai timur Sumatera dikenal sebagai penghasil timah terbesar di dunia. Namun seiring menurunnya komoditas ini, minat terhadap pulau ini pun ikut meredup.

Hingga muncul sebuah novel fenomenal karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi yang kemudian diangkat ke layar lebar pada 2008. Novel dan film Laskar Pelangi ini kembali memusatkan perhatian dunia pada Pulau Belitung dengan segala pesona alamnya. Kini, sebuah museum bernama Museum Kata Andrea Hirata berdiri sebagai jendela inspiratif bahwa impian bisa diraih meski banyak kendala, seperti yang diajarkan novel tersebut.

Berlokasi di Jalan Laskar Pelangi No. 7, Kelurahan Gantung, Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Musuem Kata Andrea Hirata merupakan satu-satunya museum sastra di Indonesia. Didirikan dan digagas oleh Andrea Hirata sendiri, museum dibangun pada 2010 dan resmi dibuka untuk umum pada 2012.

Novel Laskar Pelangi terbit pada September 2005 dan langsung menuai sukses besar. Novel ini bahkan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Melayu, Cina, Vietnam, dan Korea. Laskar Pelangi menceritakan perjalanan seorang anak lelaki yang tumbuh di pulau kecil dengan segala keterbatasan namun berhasil mewujudkan cita-cita untuk keliling dunia. Pada 2008, novel ini diangkat ke layar lebar dan memeperkenalkan pesona alam Belitung ke dunia. Nama Laskar Pelangi bahkan menjadi nama pelabuhan di pulau tersebut pascakeberhasilan film.

Konsep museum mengambil replika bangunan SD Muhammadiyah Gantung yang menjadi latar utama novel tersebut. Kini museum berlokasi tak jauh dari SD Muhammadiyah Gantung asli yang menjadi lokasi syuting film. Pembangunan museum adalah janji Andrea saat menerima keuntungan dari novel untuk membangun sesuatu yang bermanfaat pendidikan di Belitung.

Inspirasi mendirikan museum ini didapat saat Andrea mengunjungi The Mark Twain Boyhood Home and Museum di Hannibal, Missouri, AS tempatnya kuliah sastra selama 7 bulan dengan beasiswa.

Untuk mencapai Musuem Kata Andrea Hirata, jarak Kota Tanjung Pandan ke Kecamatan Gantung sekitar 11 km dan bisa ditempuh 2 jam menggunakan rental mobil dari bandara. Jika ingin naik transportasi umum, tersedia bus dan minibus rute Tanjung Pandan-Gantung meski jadwalnya jarang dan beroperasi pagi hingga pukul 12 siang.

Dengan berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata, wisatawan bisa mengenang kisah perjuangan dan inspiratif dalam novel Laskar Pelangi. Museum ini patut menjadi destinasi wisata wajib bagi penggemar sastra dan pecinta Pulau Belitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CS - Rani Journey
Kirim WhatsApp